Peneliti Temukan Bagian Mata yang Gak Bisa Diserang COVID-19

  • Home
  • Info
  • Peneliti Temukan Bagian Mata yang Gak Bisa Diserang COVID-19

VIVA   –  Bermacam-macam penelitian terus dilakukan untuk memperoleh informasi lebih lanjut soal COVID-19. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa sudah ditemukan bagian mata yang tahan dari serangan SARS-CoV-2 atau Virus Corona COVID-19.

Sebelumnya dijelaskan jika COVID-19 bisa menjalar lewat droplet atau partikel mungil dari orang yang terinfeksi dan dihirup orang lain. Selain itu ada juga virus yang beredar karena mendarat di permukaan serta disentuh oleh manusia lalu menyentuh bagian ulut, hidung atau lengah.

Baca: Diundang WHO, Menkes Terawan Dianggap Sukses Atasi COVID-19

Dalam studi terbaru dari tim peneliti di Universitas Washington, Amerika Serikat (AS) menemukan ada bagian mata yang bisa tahan dari serangan pandemi itu. Yakni, kubah transparan di bagian depan mata penutup iris dan pupil.

Tim pengkaji meyakini bagian itu sangat awet terhadap COVID-19 meskipun mereka mendahulukan jika penelitian ini baru temuan awal.

“Temuan ana ini tidak membuktikan jika semua kornea tahan. Namun setiap kornea donor yang kami uji tahan terhadap COVID-19, ” kata peneliti Jonathan Miner, dilansir dari Science Alert , Jumat, 6 November 2020.

Miner bersama awak peneliti lainnya menguji 25 kornea donor manusia dan tikus. Mereka mengekspor jaringan mata itu secara tiga virus terpisah, yaitu COVID-19, virus Zika, dan herpes virus simpleks.

Pada kornea manusia menunjukkan herpes dan Zika mampu mereplikasi dalam jaringan. Namun tidak terlihat pada SARS-COV-2. Penulis studi dan dokter mata, Rajendra S Apte, mengatakan jika kornea dan konjungtiva dikenal memiliki reseptor pada COVID-19.

Hendak tetapi, dirinya menambahkan dalam penelitiannya itu terlihat virus tidak mengabulkan replikasi pada jaringan mata. “Data kami menunjukkan jika Virus Corona COVID-19 sepertinya tidak bisa menembus kornea, ” ungkap Apte.