Ilmuwan Ungkap Kapan Matahari Akan Padam, Gimana Nasib Bumi

  • Home
  • Info
  • Ilmuwan Ungkap Kapan Matahari Akan Padam, Gimana Nasib Bumi

Info seputar HK Prize 2020 – 2021.

VIVA – Aliran partikel bermuatan panas yang disebut Angin Matahari mengalir keluar dari Matahari dan menabrak Bumi dengan kecepatan 1,6 juta km/jam.

Beruntung, ada Magnet Bumi yang berperan sebagai perisai membelokkan dan menghancurkan angin paling keras itu dan memungkinkan sedikit angin hangat untuk menembus atmosfer Bumi.

Akan tetapi, penelitian baru menunjukkan bahwa Magnet Bumi tidak selalu kuat untuk menahan laju kencang Angin Matahari. Terlebih ketika Matahari mendekati kematian atau padam, seperti dilansir dari laman Live Science, Minggu, 25 Juli 2021.

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan 21 Juli 2021 di Jurnal Monthly Notices of the Royal Astronomical Society, para ilmuwan menghitung bagaimana intensitas Angin Matahari akan berevolusi selama 5 miliar tahun ke depan, di mana saat bintang utama itu kehabisan energi.

Saat itu hembusan Angin Matahari menjadi sangat kuat sehingga akan mengikis Magnet Bumi hingga tidak ada lagi. Dari sana sebagian besar atmosfer Bumi akan tertiup ke luar angkasa. Kehidupan di Bumi akan segera musnah.