Ada Empat Tantangan UMKM di Era Digital

  • Home
  • Info
  • Ada Empat Tantangan UMKM di Era Digital

Dapatkan promo member baru Pengeluaran HK 2020 – 2021.

VIVA – Wakil Ketua MPR RI Syarief Hasan menyatakan pentingnya keberpihakan terhadap pelaku UMKM agar mampu “naik kelas” dan berdaya saing dalam dinamika perekonomian nasional.

Syarief Hasan dalam keterangannya di Jakarta, dikutip Kamis 21 Oktober 2021 mengatakan bahwa UMKM telah terbukti tahan terhadap berbagai goncangan krisis, namun riskan terhadap gejolak perekonomian.

Menurut dia, jika terjadi krisis, maka berimbas pada keberlanjutan usaha UMKM. Inilah yang terjadi di masa pandemi, banyak UMKM terpaksa tutup karena kekurangan biaya produksi, permintaan yang menurun, sampai kesulitan pada akses keuangan.

“Saya berulang kali menekankan pada keberpihakan terhadap pelaku UMKM. UMKM bersama dengan koperasi memiliki kontribusi signifikan dalam perekonomian nasional,” katanya.

UMKM

Selain kontribusi bagi perekonomian yang mencapai angka Rp7,573 triliun atau setara dengan 61,07 persen terhadap PDB. Sektor ini mampu menyerap tenaga kerja sebanyak 97 persen sepanjang tahun 2020, katanya.

“Meski ini masih perlu dioptimalisasi. Struktur perekonomian kita sejatinya sangat bertumpu pada UMKM, yakni sebanyak 99,99 persen. Bandingkan dengan pelaku usaha besar yang hanya berjumlah 0,01 persen, namun mampu menyumbang 38,9 persen terhadap PDB,” kata dia.